Wednesday, July 11, 2012

Behind The Scene Of “Craziable Journey XLNetRally”

Saat diundang ke acara private salah satu provider selular terbesar ini, gue sempat bingung. Orang macam gue punya kepentingan apa ya dilibatin? Apa yang bisa gue “beri” untuk mereka? Sementara mereka ngasih segalanya buat gue. Gue sempat stuck saat nulis artikel ini. Banyak ilmu yang gue dapat setelah ikut ngerecokin, tapi enggak tau gimana cara ngebaginya. Yang terbayang di sanubari gue cuma kegilaannya aja. Yang tersirat di kepala gue cuma seru-seruannya doang. Yang tersimpan di memori kanan gue cuma renjer-renjer unyu yang ngekorin kita sepanjang perjalanan, yang entah kenapa mereka sangat objek-fantasiable banget. Mehehe.. 

 Renjer-renjer XL yang kecupable

Drive Test Net Rally 2012, TetapTerhubung Selama Liburan. Begitu kira-kira tajuk acara yang di-boost sama XL Axiata ini. Annual moment  ini emang rutin diadain tiap jelang ramadhan, dan ini adalah kali ketiga. Agendanya ya simple aja, cuma nguji jaringan—termasuk sosialisasi 3G yang powerfull--di sepanjang jalur mudik yang kita laluin melalui jalur kereta sampai semarang, lalu dilanjut melalui bus dari cawang ke jogja. Hasilnya enggak mengecewakan. Skema yang ditunjukin di alat yang disebut TEMS itu nunjukin kalau jaringan 2G en 3G XL—yang sampai sekarang gue enggak ngerti kepanjangan dari apa itu 3G—cukup mulus. Garis hijau yang tegas di layar membuktikan, kekuatan en kualitas jaringan di sepanjang jalur jakarta-semarang emang bengis. Mereka benar-benar melakukan tugasnya dengan baik dalam memanjakan costumernya. Ciyeh...
Awalnya gue enggak ngerti, kenapa sih mereka repot-repot bawa orang se-stadion Allianz Arena cuma buat uji jaringan doang? Apalagi fasilitas yang disediain juga enggak biasa, kan boros. Kalau gue itung-itung sih, dari mulai kereta VIP class yang AC-nya bikin gue merengek ke Mbak Turina Farouk minta disewain selimut Persia. Lunch berjamaah yang menunya bikin mereka harus bayar bill gue dua porsi. Games yang hadiahnya krejiy yang diadain sepanjang perjalanan di kereta--gue cuma dapet buku ‘ibuk’ karya siapa gitu lupa. Host-nya yang plontos silau pecicilan, yang bikin gue sempat ngira kalau doi itu si Allan Big Brothers Indonesia

 Tommy Botak, Alan BigBro KW-16

Belum lagi sambutan yang kita terima begitu sampe di stasiun Cawang Semarang. Empat gadis batikisme berparas wifeable ini, menebar senyuman seraya menyerahkan sebongkah handuk basah en segenggam minuman kunyit ke gue--enggak tau kenapa mereka ngasih jus kunyit, padahal gue enggak pernah ada masalah sama datang bulan, kecuali gaji. 

 See? Sangat wifeable sekali. Tapi mereka loveable enggak ya?

Setelah istirahat en berbagi canda sekilas di situ, perjalanan pun dilanjut melalui bus AMTrans. Nah, di sini nih, bus bongsor ini sempat bikin tercengang semua tamu undangan. Keringat dingin membasahi paras mereka yang pucat. Jantung mereka dibuat berhenti, karena tiba-tiba saja, sosok hantu lawang sewu berkelebat di ruang tengah bus. Sosoknya tinggi besar. Taringnya menyembul tajam diantara bibir tebalnya yang pecah-pecah. Spontan semua peserta pun lari tunggang-langgang menjauh dari bus. Mengerikan...
Lah, ini kenapa jadi cerita misteri gini, ya. Bodoh...
Sori, guys. Enggak gitu kronologisnya. Maklum, otak gue otak cermis. Mungkin karena sering absen nyermis kali ya, jadi bawaannya horrorable gitu... -__-
Maksud gue, kita semua dibikin tercengang tuh karena interior busnya yang hebring. Norak gimanaaa gitu--fyi dulu, norak adalah sebuah ekspresi apresiasi. Don’t underestimate it. Jalan-jalan enggak bisa seru kalo jaim dipiara. Menggilaklah, menggeliatlah.. Do you remember? Eaaaa *nyengir menawan*
Bus berkapasitas 40 bangku ini ternyata cuma muat 12 pasenjer doang. Kok bisa? Karena interiornya didesain mirip apartemen mini. Begitu masuk, sofa-sofa besar en empuk—yang diset serupa beranda—bikin gue berasa di lobi XXI. Lalu di pintu berikutnya, lo bakal ngerasain suasana family room yang lumayan lega. Lantai kayu en sofa yang serba mengkilat, kulkas, LCD tipi lebar, mini bar, meja yang udah mirip sevel—banyak cemilannya, rest room mini yang udah mirip kamar hotel bintang tujuh, plus kursi pijat—bukan kursi pijat plus—yang sukses bikin tulang gue yang sempat kaku jadi melunak—ngikkk, jadi cowok tulang lunak, dong gue? *ketok-ketok pala ibu kost*

 Kontrakan beroda delapan

Kebetulan gue kebagian di bus 4. Di sini isinya bloger semua nih. Perjalanan 6 jam ke jogja pun jadi enggak berasa. Gimana enggak, kita menyulap ruangan tengah bus jadi Inul Vista berjalan berkapasitas 12 orang. Kebetulan si Om Deddy Berry bawa playbook yang isinya lagu-lagu khusus karaokean. Dari mulai lagu-lagu happening model Bruno Mars, Katy Perry, Gaga sampe Aerosmith. Sementara lagu-lagu hits en hots versi indonesia juga tetep eksis, model Didi Kempot dengan Stasiun Balapan-nya, Tuti Wibowo dengan Sakau Jablai-nya, sampe Andika Kenjen dengan Poni Lempar-nya. Alhasil, sepanjang perjalanan kita cuma nyanyi-nyanyi plus shuffle enggak jelas aja di bus. Katanya sih, getaran busnya kerasa sampai radius 7,5 mil. Untung enggak ketahuan si Boss. Kalo beliau tau, bisa-bisa pada dipangkas honor kita karena lebih sibuk main-main ketimbang ngerjain tugas. Mehehe...
Jogjakarta, 6 juli. Jam 8.00 pm.
Setelah dinner massal di salah satu resto keren di temaram jogja, gue en rombonganpun diantar ke hotel. Kebetulan gue kebagian check in di hotel Grand Quality. Lagi-lagi gue disuguhi kemewahan. Hotelnya keren. Begitu masuk lobi, gue berasa mau nongkrong gratisan di mall Taman Anggrek. Kamarnya juga cihuy bangke. Ranjangnya empuk en trampolinable abis. Gue yang se-room sama si Jedi @liputan9 pun sempet jingkrak jangkrik di situ sampe per kasurnya terburai. Pokoknya beda jauh sama kamar kost-kostan gue yang sumpekable. Kenyamanan ini kali nih, yang bikin gue sama si Jedi molor kebablasan. Edan aja, kita yang harusnya ngumpul di tempat breakfast jam 7-an, malah baru mau mandi jam 11 siang. Itupun karena dibangunin telepon yang meraung di samping kepala gue. Ngaret kok ya semena-mena gitu...
Jogjakarta, 7 juli. Jam 1.00 pm. Lokasi: Liquid restaurant, Jl. Pemalang.
Di sini nih acara pamungkasnya berlangsung. Acara yang dikonsep mirip seminar itu dibuka oleh sambutan dari Mbak Turina—si kakak yang satu ini meskipun salah satu boss, tapi orangnya enggak bossy. Beberapa kali gue dijejelin ilmu tulis-menulis sampe kenyang en merona. Lalu presentasi tentang kesiapan jaringan XL disenandungkan oleh Pak Wira en Pak Robert. Gue enggak hapal jabatan beliau-beliau ini. Yang jelas mereka punya posisi penting lah ya. Pak Wira sendiri mempresentasikan kondisi network XL en teknologi yang lagi dipake, termasuk MSC in Pool & SGSN in Pool en kapasitas XL yang memadai serta hasil uji kelayakan sinyal di 15 kota—hasikk, ternyata gue bisa nyebutin istilah-istilah inteleknya. Jadi berasa keren gini. Mehehe... 

 at Liquid restaurant. Perut-perut lapar in action
 
Hasilnya, uji kelayakan sinyal nunjukin hampir 100% hasil pengujian lulus alias bagus. Pokoknya sinyalnya kenceng deh, sekenceng perasaan lo buat orang yang enggak pernah nganggap lo ada gitu. *eh, maap*
Yang pasti, mudik tetep bakal asik. Meskipun trafik penggunaan data internet dipastikan melonjak, lo tetep bisa ngetwit ato mention-mentionan sama gebetan sobat lo. Tanpa lemot, tanpa bikin nyolot. *jegerr*
Sesi terakhirpun ditutup sama wawancara dari bintang tamu. Dia lah Indonesian Dora The Explorer kita, Teh Trinity Traveler. 


"Dalam waktu dekat, gue bakal ngajakin si Onyol ke maldives ah.." Katanya. *ngekk*

 Ini orang aslinya bangke ternyata, guys. Sebagai pengagum doi sejak lama, gue ngerasa surprise saat dikasih tau Bang Deje, kalau doi ternyata nanyain gue, “Eh, yang Onyol Onyol tuh yang mana, sih?” Hihahihaa. Alhasil, gue pun langsung nyeruduk doi, ngerangkul histeris sambil ngebisikin sesuatu, “MaukahTeteh menjadi ibu dari calon anak-anakku kelak?” *lalu bunga kamboja pun berguguran* 

 Ketika seorang petualang mendapat bisikan setan.

Ngopi-ngopi gila bareng Dora bongsor en friends
 
Itulah seonggok cerita perjalanan singkat gue bareng XL. Kalo udah bareng mereka, gue selalu lupa waktu, lupa diri sampe lupa status jomblo gue—gue jomblo bukan karena enggak dipilih lo ya, tapi karena pilihan. Saking fun-nya, seringkali gue lupa sama tugas yang sebenarnya kenapa gue diundang. Jalan-jalan sama mereka, ibarat lagi treveling bareng keluarga. Hepi-hepi gila~
Thanks, @XL123 and @XLCare. Hopefully we’ll meet you again at the same event next year... *tosss*

12 comments:

Daffa Alif said...

Onyol sekarang punya blog! Yay!!!

Dhimas Aryo Sekti Lanang said...

sepi banget nyol,
nih gw sumbah komen,
kasian..

Rnf said...

onyol kok pas di Jogja gak mampir ke kosan aku? :(

adhitt said...

nyol! gue envy maksimaaalll... :-|

ICHINK.WEB.ID said...

Itu Stasiun Tawang, bukan cawang :D

Unknown said...

sepiiiiiiii

Anonymous said...

Onyol sayang, saran nih ya, lain kali format tulisan n paragrafnya agak dirapiin ya, biar bacanya enak :*

Unknown said...

Ya ampun yg tiga orang di atas cantik 2 banget ,yg mana penulis nya ya ?

niku said...

haha kenapa noleh nya kesana, padahal mau bilang ganteng tadi, ga jadi deh.. :P

Unknown said...

mampir yak semuanya di http://lucky-valasta.com

doenia ella said...

Sumpah nyol gw baca tulisan lo ini ngikik-ngikk hihi

De_ones said...

unyuable dech pokokeee

Post a Comment